Arti Sebuah Pohon, manfaat pohon pelindung

MANFAAT POHON PELINDUNG DAN PENEDUH


Sering kita memperhatikan lingkungan di sekeliling kita rumah, sekolah,dan terutama dijalan-jalan, masihkah kita temukan pohon-pohon rindang. Bila jawaban anda tidak menemukan, maka artinya kita semua sedang dalam masalah besar. 

Bumi yang kita tempati sekarang ini bisa menjadi padang tandus dan tak dapat lagi dihuni makhluk hidup yang bergantung pada tumbuhan besar. Menurut sejarah, gurun sahara di Afrika beberapa abad yang lalu adalah hutan. Tetapi karena penggundulan,hutan pun berubah menjadi padang pasir. 

Bagaimana dengan hutan-hutan yang ada di Indonesia banyak yang ditebangi. Sekarang mungkin anda mengerti mengapa banyak tempat dilanda banjir bila musim hujan. Itu karena tidak ada lagi pohon yang membantu tanah dalam menyerap air hujan. 

Agar kita semua terhindar dari banjir, tanah longsor,dan tanah menjadi tandus di musim kering, mulai sekarang kita menanam pohon. Mari kita tanam pohon dirumah,dipinggir jalan, disekolah,dipinggir sungai, dipinggir pantai, pokoknya dimana saja ada tanah kosong yang bisa kita Tanami. 

Berikut ada beberapa manfaat pohon bagi kita :


1. Penghasil oksigen
Coba perhatikan mengapa terasa nyaman dibawah pohon, selain melindungi kita dari terik matahari pada siang hari,pohon juga mengeluarkan oksigen(O2) dan menyerap karbon dioksida (CO2)Setiap kali bernafas, kita menghembuskan CO2 dan menyerap O2. Jika tidak ada pohon,maka kita akan kehilangan tanaman sebagai penghasil oksigen yang merupakan sumber kehidupan manusia.


2. Pencegah banjir dan longsor
Karena penggundulan hutan dan penabangan pohon secara liar, tanah pun menjadi gundul dan tandus. Air hujan tak banyak yang bisa diserap oleh tanah karena air tidak tertahan oleh daun dan akar pohon. Air bahkan akan menggerus lapisan tanah hinnga terjadi longsor.Tepian sungai pun akan menjadi lebar bila tidak ada pohon di pinggir sungai.


3. Melawan pencemaran udara
Pohon menyerap asap dan debu yang ada diudara. Coba perhatikan pohon di pinggir jalan yang lalu lintasnya ramai. Batang, dahan, dan daunya pasti berwarna hitam. Bisa dibayangkan bila tidak ada pohon, saluran pernafasan dan paru-paru kita pasti juga akan menjadi hitam seperti batang pohon. Kalau banyak pohon,udara menjadi bersih dari asap pembakaran sampah, asap pabrik, asap kendaraan, debu, partikel logam,dan sebagainya.


4. Mengurangi pemanasan global
Jumlah pohon juga mempengaruhi suhu udara. Saat ini musim pasas terasa panas sekali, sedangkan musim hujan sangat pendek. Perubahan iklim ini akibat penggundulan hutan. Karena cuaca begitu terik,panas mencairkan es di kutub utara lebih banyak dari yang seharusnya. Akibatnya permukaan air laut naik, dan banyak pulau kecil yang hilang karena tenggelam.


5. Mencegah kekeringan
Pohon menyelamatkan kita semua dari kekeringan saat musim kemarau. Air danau dan air sungai juga berasal dari mata air di gunung. Padahal keberadaan mata air sangat bergantung terhadap pohon. Tanpa pohon, mata air pun akan mengering.


Info  : Faisal
Tlp   : 08988511957